Warga Dusun Lerea Gagal Ikut Memilih pada Pilkada Morowali 2018

INDONESIASATU.CO.ID:

MOROWALI, Setelah dilakukan pendistribusian kertas suara oleh pihak KPPS yang di bantu oleh anggota Polisi dan TNI kertas suara yang dikirim sejak tanggal 27 Juni 2018 kemarin dan dikarenakan kondisi alam yang kurang bersahabat sehingga terpaksa pihak petugas  harus kembali lagi ke Kota Bungku  dan selanjutnya mereka harus melanjutkan perjalanan kembali untuk perindistribusian kertas suara yang  melalui jalur jalan Trans Sulawesi dan selanjutnya menyebrang Danau Matano Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan yang seterusnya menuju Dusun Lerea Desa Lele Kecamatan Bahodopi.

Sementara itu jarak yang harus ditempuh dari Kota Bungku menuju Dusun Lerea melalui jalur Kabupaten Luwu Timur sekitar 200 km.

Sebenarnya ada dua  jalan alternatif untuk bisa sampai pada Dusun Lerea yaitu melewati jalan jalur Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan, namun yang agak mudah dijangkau untuk mendistribusikan kartu suara lewat Sorowako Kabupaten Luwu Timur karena jalan lebih baik.

Dengan gagalnya pendistribusian kartu suara oleh petugas KPPS maka  warga Dusun Lerea yang harus memilih pada pelaksanaan Pilkada tidak bisa memilih dan harus menunggu kartu suara yang masih dalam perjalanan.

Hal tersebut di informasikan oleh Kepala Desa Lele Junaedi kepada media ini.Kamis(28/6/2018).

Menurutnya ada sebanyak 116 kertas suara yang dibawa oleh tim dari petugas KPPS Desa Lele bersama petugas Polisi dan TNI dengan tujuan Dusun Lerea, namun gagal sampai ditujuan karena kondisi alam yang tidak memungkinkan ,sehingga harus kembali lagi dan warga Dusun Lerea belum bisa mengunakan hak pilihnya dan harus menunggu pendistribusian kertas suara sampai di Dusun Lerea.

Kendala yang paling berat pendistribusian kertas suara hanya bisa mengunakan sepeda motor karena jalan masih setapak serta melalui jalur sungai yang kondisinya air sedang meluap dan jarak sekitar 40 km lebih,apalagi sekarang musim hujan, memang kalau musim kemarau bisa lewat jalur di jalan Dusun Lele.Karena musim hujan jadi banyak kendala dilapangan tim pendistribusian kartu suara .

Untuk itu harapanya setelah petugas kembali lagi dan mendistribusian kertas suara lewat jalur lain,sehingga  bisa sampai tujuan dan warga Dusun Lerea bisa melakukan pencoblosan di TPS.Ujarnya.(supriyono).

  • Whatsapp

Index Berita