Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Nilai Status SD N 08 Sentosa Nagari Cubadak- Duo Koto

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) melakukan Penilaian dalam rangka peningkatan status terakreditasi SD N 08 Sentosa, Nagari Cubadak Kecamatan Duo Koto Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat. Sabtu 17 November 2018.

Tim Akreditasi yang diketuai Syafril, S.Pd dan Alfajri ini telah melakukan penilaian terhadap 8 aspek yang harus dipenuhi sekolah.

“Delapan aspek tersebut meliputi, standar isi, standar proses, pembiayaan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, standar tamatan dan standar penilaian pendidikan,” katanya.

Ketua Tim Akreditasi, Syafril menyebutkan setelah melalui rangkaian proses akreditasi, yang dimulai dari observasi lapangan menyangkut sarana prasarana sekolah sampai pemeriksaan 8 dokumen Standar pendidikan, maka kami menilai Insyaa Allah SD N 08 Sentosa sudah memenuhi kriteria sekolah yang terakreditasi, yang nilainya nanti akan keluar berdasarkan rapat tim di BAN.

"Semoga SD N 08 Sentosa kedepannya bisa menunjukkan kiprahnya ditingkat propinsi dan nasional," sebut syafril.

Walaupun penilaiannya mendadak, namun SD N 08 Sentosa bisa menjunjukkan kemampuannya, ditambah lagi rasa salut kepada seluruh majelis guru yang sangat energik, kreatif dan memiliki team yang solid," kata ketua assesor ini kepada kepala sekolah, majelis guru, ketua komite, Bhabinkamtibmas, Ninik Mamak dan juga siswa.

Sementara Maihennis, SPd kepala sekolah SD N 08 Sentosa mengatakan ucapan terima kasih terhadap Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) yang telah berkenan hadir dalam penilaian kesekolah kami ini.

“Kami pihak sekolah sangat bersyukur sekolah kami dalam penilaian akreditasi. Artinya kedepannya kita sudah bisa menyelenggaran UN sendiri dan menanda tangani ijazah.” Sebut Maihennis Kepala Sekolah SD N 08 Sentosa kepada Indonesiasatu.co.id.

“Bahkan kita juga bisa menunjukkan jati diri kita dihadapan masyarakat dan sekolah lainnya. Harapan kita ilmu yang telah kita peroleh dari kegiatan ini, dapat kita aplikasikan secara bertahap, karena kita berharap SD N 08 Sentosa ini ke depannya menjadi lebih baik lagi dan dapat melahirkan peserta didik yang cerdas berkarakter,” ulas Maihennis.

Korwil Kecamatan Duo Koto Agusti, SPd menyebutkan, akreditasi diberikan selama lima tahun sekali. Hal tersebut guna mencocokkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di setiap sekolah berdasarkan kondisi di lapangan.

Pihaknya akan memberikan fasilitas terbaik kepada tim Asesor BAN Provinsi Sumatera Barat. “Sekolah jenjang SD baik negeri maupun swasta, dan madrasah. Kita akan mendapatkan hasil laporan maksimal tiga bulan setelah diakreditasi,” kata Agusti.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Komite Sekolah SD N 08 Sentosa Erpa mengapresiasi hal ini. Tentu dalam penilaian akreditasi dalam bagian pihak sekolah harus siap.

“Akreditasi ini sebagai penentu bagi para orang tua siswa/i memilih sekolah,” singkatnya.(Anto)

  • Whatsapp

Index Berita